Selasa, 01 Maret 2011

lagu cinta

lagu cinta


Waspada, Facebook Ramai Penipu Bermodus Tentara menebar cinta

Posted: 01 Mar 2011 07:42 PM PST

Waspada, Facebook Ramai Penipu Bermodus Tentara. Dengan lebih dari 500 juta pengguna, Facebook menjadi media potensial bagi penipu. Modus terbaru adalah menyamar sebagai tentara dan menyebar cinta. Seperti apa?

Pelaku mencuri foto tentara untuk dijadikan profil pribadi, menyatakan cinta kepada beberapa perempuan, menceritakan soal pengabdian kepada tanah air tanpa akhir. Selanjutnya meminta korban untuk mengirim sejumlah uang sebagai tanda kasihan.

Sersan James Hursey, 26, dari Angkatan Darat Amerika Serikat pulang ke kampung halaman karena cedera punggung di Irak, menemukan sebuah halaman Facebook dengan berbagai foto dirinya. Padahal halaman itu bukan miliknya, Profil itu palsu dan dibuat seseorang yang mengaku sebagai tentara aktif sedang mencari pasangan.

Pejabat militer AS mengaku telah melihat ratusan kasus serupa dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, beberapa penipu juga menggunakan foto tentara yang telah meninggal di luar negeri.

“Ini benar-benar pencurian identitas,” kata Hursey asal Kentucky, Amerika Serikat.

Juru Bicara Reserse Kriminal Angkatan Darat AS, Christopher Grey mengatakan peniru internet memang sering membuat klaim konyol. Beberapa di antaranya mengaku membutuhkan uang untuk membeli laptop khusus dan ponsel. Ada pula yang membutuhkan uang untuk cuti dan formulir pendaftaran tertentu.

Grey menyebutkan hingga saat ini tidak ada kasus personil Angkatan Darat kehilangan uang dalam penipuan. Namun banyak yang menjadi korban di luar lingkup ketentaraan. “Dalam satu kasus, seseorang bisa kehilangan US$25 ribu (Rp 227,5 juta),” ujar Grey lagi.

Pelaku menggunakan alamat e-mail yang sulit dilacak, memanfaatkan rute akun internasional dan menggunakan warung internet sehingga sulit dideteksi secara cepat.

inilah.com Waspada, Facebook Ramai Penipu Bermodus Tentara

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar