Sabtu, 20 November 2010

lagu cinta

lagu cinta


10 Bahasa Tubuh Pria Tak Suka Wanita

Posted: 20 Nov 2010 01:59 AM PST

wanita kerap dibuat bertanya-tanya dengan sikap pria. Perhatikan bahasa tubuhnya, lalu ketahui apakah pria tampan di depan Anda memang menyukai Anda.

Pria lebih banyak menggunakan bahasa tubuh untuk menyampaikan suatu maksud ketimbang wanita yang lebih senang menggunakan kata-kata. Daripada frustrasi mencoba memecahkan kode yang ingin dia sampaikan, Anda bisa mengandalkan gerak tubuhnya untuk maksud tersebut.

Dalam buku barunya, Toxin Men, pakar bahasa tubuh Lillian Glass PhD, mengungkapkan 10 sikap pria yang tanpa sadar saat tidak tertarik pada seorang wanita. Berikut, seperti diulas Cosmopolitan.

1. Dia bersandar jauh dari Anda, baik dalam posisi duduk atau berdiri.

2. Dia gelisah sambil menggoyangkan tubuhnya maju-mundur, menggoncangkan kakinya, atau mengetuk jarinya.

3. Dia mundur ketika Anda mencoba untuk bergerak lebih dekat kepadanya.

4. Dia menyilangkan lengan di mana tangannya berada di pundak berlawanan.

5. Kakinya menunjuk ke arah yang berlawanan dari kaki Anda.

6. Dia menjaga telapak tangannya berada di bawah ketika berbicara kepada Anda, dan arahnya berada di dalam tubuhnya, bukan Anda.

7. Otot-ototnya tampak tegang atau kaku, tidak santai.

8. Dia terus menghindari kontak mata dengan Anda untuk melihat seseorang atau sesuatu yang lain.

9. Dia tidak melihat Anda dari arah lurus, tapi dari arah samping.

10. Jika ia tersenyum, mulutnya tetap rapat.

Jadi wanita single, jangan buang waktu manfaatkan bahasa tubuhnya daripada bertanya-tanya akankah ia meminta nomor telepon Anda. Jika ternyata ia tidak suka, gunakan waktu Anda untuk mencari perhatian dan cinta pria lain! okezone.com

Kesalahan Pria Yang Patut Dimaafkan

Posted: 20 Nov 2010 01:58 AM PST

Bagi Anda, para wanita, menolak untuk melakukan sesuatu berarti ada perasaan yang terlibat di dalamnya. Entah Anda tidak menyukai orang itu atau tidak mau membuatnya merasa Anda perhatikan atau merasa tidak pantas saja untuk melakukan itu.

Bagi pria, menolak ya menolak. Bukan karena ada maksud di balik itu. Alasan mereka pun sering membuat kita kesal karena terkesan ‘tidak berpikir’ (atau tidak berperasaan ya?). Masa’ alasannya ‘malas’, ‘malu ah..’, ‘ga sempat’ atau malah diam saja! Keterlaluan tidak sih? Hmm.. jika hal yang tidak Anda setujui masih masuk dalam daftar berikut ini, berarti dia masih patut dimaafkan.

Bekerja berlebihan

Sudah kodratnya untuk bekerja, jadi lebih baik begitu daripada dia hanya sibuk mengerjakan sesuatu yang tidak jelas dan tidak menghasilkan uang.

Tidak suka masakan yang Anda masak

Well, he is also a human.. tidak enak tetaplah tidak enak. Mungkin sesekali dia bisa menyenangkan Anda, namun selanjutnya diperbaiki dong masakannya.

Terlalu capek

Setelah hang out bareng teman-teman, dia tidak berkunjung ke rumah Anda, tidak menelpon atau mengirim sms karena terlalu capek. Anda juga akan melakukannya jika sudah kecapaian.

Memberikan hadiah yang–bagi Anda–bodoh

Dia sudah melewatkan 1 hari penuh kekhawatiran dan rasa malu saat memutuskan memasuki toko barang-barang cewek dan memilih satu untuk Anda.

Melirik ‘boobs’ cewek lain

It’s normal.. Dia melakukannya di depan Anda karena merasa aman dan percaya bahwa Anda tidak akan mendakwa dia atas sifat alaminya itu.

Membiarkan pasta gigi tidak tertutup

Mereka tidak seteliti Anda untuk urusan yang satu ini.

Men-only night

Anda tidak mau dia hanya berkumpul dengan geng wanita Anda dan mulai menyukai dress Anda kan? Jadi biarkan dia berkumpul dengan kaumnya.

Terlambat tanpa memberitahu

Daripada membuang waktu untuk menelpon atau mengetik sms, dia lebih memilih cepat-cepat menemui Anda meskipun itu terlambat.

Salah ukuran

Atau Anda ingin ada wanita lain yang menemaninya membeli lingerie, sepatu atau pakaian dan mencobanya di depan pasangan Anda sehingga ukurannya tepat benar?

Berkompetisi

Ini menunjukkan kegigihan tekadnya dan sifat mau berusaha (termasuk ketika orang tua Anda menolaknya!). Bagus bukan?

Beli gadget mahal

Membeli gadget canggih dan mahal yang akan segera ditelantarkan begitu muncul seri yang lebih baru, masih lebih baik daripada ‘membeli’ wanita baru kan?

Meninggalkan piring kotor

Yah.. kalau mereka mengerjakan semua dengan bersih, Anda bisa dicap wanita jorok nanti. Toh Anda juga ingin membuktikan bahwa Anda cinta kebersihan pada dia.

Memilih film action saat kencan

Itu baru pria! Dan dia merasa aman untuk tampil apa adanya di depan Anda, bukan hanya sekedar penjilat untuk mendapatkan cinta Anda.

Potongan rambut aneh

Dia tidak memiliki hair-stylist dan selalu mengikuti tren terbaru seperti Anda. Jadi wajar dong kalau pengetahuan tentang penampilannya kurang.

Menolak membelikan Anda pembalut

Musim jenis kelamin ganda begini, tentu saja dia tidak ingin disangka mengalami mens juga! Anda juga tidak mau dibilang punya pacar yang berkelamin ganda kan?

Bagi Anda beberapa hal di atas mungkin tidak bisa ditolerir. Beberapa hal tersebut masuk ke dalam daftar ini, karena hal itu sudah menjadi sifat dasar para pria ini. Jika pria Anda tidak melakukannya itu berarti nilai plus untuk Anda. Atau jika pria Anda berhasil berubah setelah Anda minta, itu adalah usaha yang sangat keras darinya untuk Anda. Jadi, dihargai ya, Ladies.. metrotvnews.com

Anda Sudah Berqurbankah

Posted: 20 Nov 2010 01:55 AM PST

"Alhamdulillah, hari ini kita bersyukur kepada Allah, karena bisa makan daging kambing dan lembu hari ini, "ujar seorang ayah kepada keluarganya.

Ini merupakan contoh sebuah keluarga yang mungkin baru setahun sekali dapat makan daging. Mereka tidak susah-susah untuk mendapatkan daging qurban karena di daerah mereka banyak orang yang berqurban.

Tetapi tidak di beberapa tempat. Contohnya di Jakarta, pada tahun yang lalu ratusan orang pada mengantri untuk mendapatkan daging qurban. Bahkan tidak jarang di antara mereka harus sikut menyikut untuk mendapatkan daging qurban tersebut. Begitulah potret kehidupan masyarakat kita. Ada yang bisa berqurban dan ada yang hanya mampu memasak daging hanya setahun sekali saja.

Hari Raya Idul Adha atau sering disebut Hari Raya Qurban, merupakan hari yang penuh berkah, karena banyak di antara umat Islam yang berqurban kambing dan lembu. Dan biasanya, orang-orang seperti mereka sudah sejak awal mendapat beberapa kupon qurban untuk diambil pada saat pemotongan nantinya.

Inilah secercah kebahagian para kaum dhuafa' yang selama ini mungkin sulit membeli daging kambing atau lembu karena mahalnya. Inilah bentuk kebahagian yang mereka terima karena 'keikhlasan' para penqurban. Tetapi apakah sebatas hari itu saja mereka bahagian, sementara hari-hari selanjutnya mereka bersedih? Paling tidak itulah yang baru kita lakukan, yaitu mengembirakan saudara-saudara kita yang masih kekurangan.

Qurban adalah sesuatu yang patut kita renungi. Banyak orang yang menganggap bahwa qurban hanya semaca ritual tanpa makna. Padahal qurban adalah sebuah simbolisasi yang diajarkan Allah SWT kepada Nabi Ibrahim as dan Ismail as, untuk memberikan 'sesuatu' yang mereka cintai hanya kepada Allah SWT.

Cinta yang selama ini hadir mungkin hanya kita tujukan kepada makhluknya semata, tetapi apakah kita mau menqurbankan diri kita untuk sesuatu yang diperintahkan Allah? Di sinilah hakikat qurban sebenarnya.

Semangat berqurban tidaklah harus berhenti pada hari Raya Qurban saja, artinya, janganlah kita menganggap bahwa berqurban hanya pada hari Raya Idul Adha saja, tetapi seharusnyalah selama hidup kita, rasa penqurbanan itu harus terus kita pupuk. Semangat berqurban inilah yang kini harus terus kita pupuk, kita tidak boleh berhenti, karena masih banyak saudara-saudara kita yang masih membutuhkan penqurbanan kita.

Jika syariat berbicara mengenai pengurbanan lewat menyembelih hewan qurban, tetapi secara hakikat penqurbanan dapat dilakukan dengan cara apa saja, apakah itu lewat tenaga, kekuasaan maupun hal-hal sekecil apapun.

Penqurbanan tidak hanya milik orang yang berduit saja, tetapi orang-orang yang tidak mampu juga bisa berqurban, yaitu dengan berusaha memberikan yang terbaik di dalam hidupnya untuk selalu dekat kepada Allah. Karena secara bahasa qurban berarti dekat, jadi dengan adanya penqurbanan yang kita lakukan diharapkan mampu mendekatkan diri kita kepada Allah.

Kalau selama ini banyak sekatan-sekatan yang hadir di dalam diri kita untuk dekat kepada Allah, maka kita harus melempar sekatan-sekatan itu, sebagaimana Ibrahim melempar syetan ketika mencoba menggodanya, begitu juga dengan Ismail dan Hajar yang tidak luput dari godaan Syetan.

Berqurban bukanlah untuk menunjukkan bahwa diri ini lebih 'hebat' dari orang lain, atau lebih baik dari orang lain, tetapi berqurban adalah mampu menciptakan diri ini layaknya Ibrahim yang patuh kepada Allah SWT.

Akhirnya mari kita jadikan momentum berqurban ini untuk menjadikan diri kita tetap peduli dengan saudara-saudara kita dan budayakanlah selalu berqurban di mana saja kita berada. Apalagi kita telah mengakui bahwa sesungguhnya harta dan kekayaan yang kita miliki pada dasarnya hanyalah titip Allah, jadi berbagilah dengan sesama. Mudah-mudahan rasa syukur kita ini akan menjadi amalan kita kelak di akhirat. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon maaf Lahir dan Batin. analisadaly.com

ingin segera berhijab

Posted: 20 Nov 2010 01:45 AM PST

Ketika memainkan perannya sebagai gadis berjilbab dalam sinetron Ketika Cinta Bertasbih, serta merta pujian ditujukan kepada Asmirandah. Artis kelahiran Jakarta, 5 Oktober 1989, ini dinilai cantik sekali jika tampil berjilbab. Penggemar kemudian mendoakan agar gadis ini makin dilancarkan rezekinya setelah berjilbab.

Ternyata Andah–demikian dia biasa disapa wartawan–mengaku sampai sekarang pujian itu masih sering diterimanya. “Aku sebenarnya sependapat dengan harapan para penggemar agar aku segera berjilbab. Kebetulan, aku juga ingin sekali berjilbab,” tutur Asmirandah ketika berbincang dengan wartawan di Jakarta kemarin.

Lantas, mengapa sampai sekarang belum juga berjilbab? Apa halangannya? Gadis bernama lengkap Asmirandah Zantman ini menjelaskan, ketika semangatnya ingin berjilbab datang, ternyata dia sudah telanjur terikat kontrak kerja sama dengan sejumlah produk iklan.

Untuk iklan sebuah merek minuman ringan, misalnya, Andah diminta tampil ala remaja hingga tahun depan. Sementara untuk iklan sebuah produk perawatan rambut, gadis ini diminta tetap teratur memamerkan keindahan bentuk rabutnya hingga dua tahun mendatang. Belum lagi untuk produk iklan lainnya yang keseluruhannya meminta Andah tampil tanpa jilbab. Padahal, jilbab baginya perlu untuk membentengi imannya.

“Karena itu, aku harus sabar dulu sampai semua kontrak iklan itu beres, baru berjilbab. Aku yakin, rezeki aku tidak akan terhambat hanya gara-gara tampil berjilbab. Siapa tahu Allah malah memberi limpahan rezeki. Ya, kan?” tutur bintang film Kawin Gantung yang mengaku sadar betul bahwa setiap muslimah harus menutupi auratnya.

5 Pertimbangan Agar Tak Salah Pilih Pasangan Hidup

Posted: 20 Nov 2010 01:42 AM PST

ANDA sudah bertemu dengan pria menawan hati. Rasanya, sudah selangkah lagi menuju jenjang pernikahan. Tapi, yakinkah Anda bila ia akan menjadi satu untuk selamanya dan bisa membuat Anda bahagia?

Perbincangan seputar keretakan pernikahan para selebriti semakin santer di media massa. Bahkan Sandra Bullock dan Kate Winslet yang cerita pernikahannya selama ini baik-baik saja, juga mengalami hal demikian.

Bagaimana mungkin seorang wanita bisa mengikat janji cinta abadi di depan keluarga dan teman-temannya, kemudian merasa keliru telah menikah dengan sang pria?

Ketakutan pernikahan akan berakhir dengan perceraian mungkin menghantui pikiran Anda. Namun, para ahli mengatakan bahwa Anda dapat melindungi diri dari ketakutan tersebut dengan mengevaluasi hubungan pra-pernikahan berdasarkan beberapa elemen penting.

“Ada cara yang benar-benar dapat memberikan penilaian apakah seorang pria layak menikah dengan Anda dan mengurangi kemungkinan Anda memilih pasangan hidup yang salah,” kata terapis pernikahan dan keluarga Terri Orbuch PhD, profesor sosiologi di Universitas Michigan.

"Mempertimbangkan poin pertimbangan ini akan membantu Anda memahami apakah Anda dan dia memiliki nilai dasar yang sama dan apakah Anda akan menikah untuk alasan yang tepat,” imbuhnya.

Para ahli mengungkapkan beberapa faktor kunci yang harus Anda pertimbangkan sebelum memberi sebutan soulmate pada si dia. Berikut, seperti dibeberkan Cosmopolitan.

Jangan abaikan masa lalunya

Adakah sejarah kehidupan si dia yang tidak menyenangkan bagi Anda? Bahkan saat mengetahuinya, Anda harus menentukan, apakah akan melanjutkan hubungan atau putus. Jika ada, kemungkinan besar kebiasaan lama tersebut akan kembali dilakukannya.

“Indikator terbaik dari perilaku masa depan adalah perilaku masa lalunya,” kata Orbuch.

Jika dia melakukan hal-hal di masa lalu yang tidak memenuhi standar suami ideal menurut Anda, mintalah dia untuk menjelaskan mengapa melakukan hal demikian. Jika ia memberi alasan terkait dengan situasi tertentu yang tidak lagi berlaku (misalnya, ia sering ke klub malam karena tinggal bersama sepupunya saat kuliah di luar negeri), bisa merupakan tanda perilakunya berifat sementara.

Tetapi jika pemicu tindakan masa lalunya mudah hadir setelah Anda menikah (misal, ia sering ke klub malam karena stres), bisa berarti kebiasaan tersebut akan selalu menjadi bagian dari dirinya.

Pahami kualitas yang Anda butuhkan

Adalah hal penting jika Anda bisa terpesona oleh kualitas-kualitas besar kekasih hati, tanpa mengabaikan kekurangannya.

“Saya memberitahu klien saya untuk menggambar sebuah lingkaran besar dan lingkaran kecil. Mereka harus mengisi lingkaran kecil dengan empat atau lima kualitas kepribadian yang benar-benar mereka syaratkan dari seorang suami, seperti agama, keluarga, atau uang,” kata Lombardo.

“Lalu, mereka mengisi lingkaran besar dengan sikap lain yang tergolong baik jika dimiliki seorang suami. Anda harus mencari pasangan hidup dengan kualitas seperti dalam lingkaran kecil dan beberapa dari lingkaran besar, bukan sebaliknya,” tambahnya.

Ketika Anda memeriksa kualitas kepribadiannya, pertimbangkan pula apakah kekurangan mereka akan bisa Anda tangani nantinya. Misalnya, Anda senang bahwa ia punya karier yang bagus sebagai konsultan, tetapi konsekuensinya ia harus banyak melakukan perjalanan luar kota. Apakah Anda bisa menerimanya?

Jika Anda memiliki banyak teman, mungkin tidak menjadi masalah, tetapi jika Anda seorang wanita rumahan yang lebih suka melewati akhir pekan hari dengan meringkuk di sofa bersama pasangan, Anda mungkin tidak akan senang dengan kesendirian.

Rasa frustasi bisa saja terjadi

Impian masa depan menghidupkan hari-hari Anda bersamanya. “Tapi, ingat bahwa Anda menikahinya sekarang, bukan kemungkinan dia pada suatu hari,” kata terapis pasangan Jennifer Gauvain, yang juga salah satu penulis How Not to Marry the Wrong Guy.

“Sangat menyenangkan untuk tertarik pada gairah, karena ini akan tetap konsisten, tetapi jangan melekatkan ketertarikan pada karier atau keuangan,” tambahnya.

“Ini adalah kunci karena frustrasi muncul akibat perbedaan antara apa yang Anda harapkan dengan realitas yang Anda punya. Frustasi salah satu sumber utama ketidakbahagiaan dalam pernikahan,” kata Orbuch.

Dan jika kekhawatiran finansial menyetir pencarian Anda terhadap calon suami, kemungkinan ini akan berbalik di kemudian hari. Ditegaskan Gauvain, keinginan untuk merasa aman secara finansial merupakan salah satu alasan utama wanita memilih pria yang salah.

“Banyak wanita telah mengatakan kepada saya bahwa mereka tertarik untuk menikah karena mereka merasa tak berdaya (karena cinta) dan berpikir pendapatan bersama akan membantu di kemudian hari,” katanya.

“Tapi di sisi lain, tak sedikit pasangan kaya yang tidak bahagia,” tukas Lombardo.

Kenali kebiasaan keluarganya

Pertimbangan selanjutnya adalah kedekatannya dengan keluarga. Keluarga besarnya akan memainkan peranan dalam hidup Anda setelah menikah. Untuk itu, Anda berdua memerlukan kompromi.

“Anda tidak perlu mengasihi keluarga masing-masing, tetapi Anda perlu memiliki pandangan yang sama tentang seberapa banyak Anda berdua akan melibatkan mereka dalam kehidupan pernikahan. Pahami tradisi keluarganya dan seberapa sering ia dan keluarganya saling berkomunikasi. Yang penting, Anda harus memprioritaskan satu sama lain terlebih dulu,” kata Gauvain.

Chemistry itu penting!

Setelah membicarakan nilai-nilai bersama, jangan lupakan kebenaran lama, bahwa Anda perlu adanya sebuah percikan.

“Dalam situasi ekonomi tidak menentu, mudah bagi wanita untuk mengatakan bahwa stabilitas lebih penting daripada daya tarik. Tetapi, Anda membutuhkan chemistry agar hubungan bisa membahagiakan,” kata Gauvain.

“Menikah berarti bahwa Anda berdua menjadi lebih dari sekadar sahabat,” kata Lombardo.

Salah satu percikan itu adalah kehidupan seks. “Seks yang hebat tidak cukup menghilangkan masalah dalam pernikahan, tapi bisa benar-benar menjadi landasan bagi hubungan selama masa sulit.”

Menurut sebuah penelitian University of Washington, pasangan yang tertawa dan tersenyum ketika mereka menceritakan bagaimana pertemuan awal mereka, secara statistik mengurangi kemungkinan bercerai. okezone.com

Mengapa Pria Lajang Menikahi Single Mom?

Posted: 20 Nov 2010 01:40 AM PST

Tak sedikit pria lajang yang jatuh cinta dengan orangtua tunggal atau single mother. Saat hubungan cinta semakin serius, bahkan menuju jenjang pernikahan, pria cenderung akan mempertimbangkan kembali perasaannya. Kedewasaan lah yang kemudian meyakinkan pria untuk membangun rumah tangga dengan single mom.

Saat pria memutuskan untuk memilih single mom sebagai pasangan, di sinilah ia belajar mendewasakan dirinya untuk menjadi pria yang lebih matang. Pasalnya, pria juga perlu menerima keadaan bahwa kekasihnya tak lagi sendiri namun juga membawa si buah hati, yang bukan keturunannya.

David Wygant, Dating & Relationship Coach, mengatakan pria yang menikahi single mom cenderung membuka dirinya untuk bersikap dan berpikir lebih dewasa melebihi usianya. Karena pria akan belajar pengalaman baru dari hubungannya dengan perempuan yang juga adalah seorang ibu. Pria lajang juga akan lebih matang karena lebih banyak belajar dari anak yang menjadi bagian penting dari kehidupan kekasihnya.

Bagaimanapun, pria lajang yang terlanjur jatuh cinta dengan single mom memerlukan penyesuaian. Sejumlah hal yang dipertimbangkan pria lajang untuk menikahi orangtua tunggal di antaranya:

Penyesuaian dengan peran ayah
Menjalani peran ayah dari anak yang tidak berhubungan darah tak mudah bagi pria lajang. Namun jika ia tetap bertahan dengan Anda sebagai single mom, artinya ia sepenuhnya memilih Anda sebagai calon pasangan hidup. Hanya saja, pria butuh menyesuaikan diri dengan keadaan yang sama sekali tak terpikirkan sebelumnya. Menjadi ayah tiri dari anak Anda.

Menyiapkan dirinya
Bagaimanapun pria lajang yang ingin menikahi single mom perlu meyakini keputusannya. Kesiapan mental menjadi bagian penting dari tahapan hubungannya. Meski ia belum juga melamar Anda, meskipun hubungan sudah berlangsung lama, bisa jadi ia sedang memupuk kesiapan dirinya.

Mencari kesamaan tujuan
Pria lajang membutuhkan waktu untuk mengenali Anda lebih dekat. Ia perlu memastikan seperti apa hubungan yang akan dijalaninya nanti bersama Anda. Kehadiran anak Anda adalah sumber pertimbangan utamanya. Bukan lantas ia tak menerima keberadaan anak Anda, namun ia hanya perlu merasa yakin, bahwa dirinya bisa menjalani peran sebagai ayah dan suami dari perempuan yang dicintainya.

Waktu untuk kontemplasi
Bahkan dengan semua persiapan yang dilakukannya, pria lajang masih membutuhkan waktu untuk kontemplasi, sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah dengan single mom. Pada masa inilah pria akan memastikan dirinya, apakah siap atau tidak menjalani kehidupan baru yang jauh lebih menantang dengan single mom. Hasil kontemplasinya bisa saja mengakhiri hubungan, karena pada akhirnya ia merasa tak cukup siap dan kuat untuk menerima kondisi bahwa perempuan yang dicintainya adalah seorang ibu. Penyebabnya bukan hanya karena kehadiran anak, tetapi juga ketidaksiapannya dengan peran pasangannya sebagai ibu yang akan menyita banyak waktu daripada kehidupan personalnya.

“Sebenarnya yang dicari single mom adalah sosok pria yang bisa mendampinginya, bukan mencari pengganti peran ayah. Single mom mampu mengemban peran ayah dan ibu. Yang dibutuhkan single mom ketika mencari pasangan adalah sepenuhnya untuk menjadi teman hidupnya,” papar Wygant.

Memang dibutuhkan keberanian ekstra serta kematangan berpikir dari pria untuk menikahi single mom. Karakter inilah yang perlu dilihat dari pasangan Anda, jika kondisi saat ini, Anda adalah single mom yang sedang berkencan dengan pria lajang.

Menuju Pernikahan Happily Ever After

Posted: 20 Nov 2010 01:38 AM PST

awalnya cinta, kemudian menikah, tapi dalam beberapa tahun ke depan mulai ada ranjau yang siap meledakkan rumah tangga Anda.

Jajak pendapat Woman’s Day dan AOL Living mengungkapkan bahwa 72 persen wanita yang disurvei mempertimbangkan untuk meninggalkan suami mereka pada beberapa titik masa pernikahan. Meski demikian, sebanyak 71 persen di antaranya menyatakan masih ingin menjalin hubungan dengan suami mereka hingga akhir hayat.

Memang, setiap dekade pernikahan akan memiliki cerita drama sendiri, baik soal pengasuhan anak, PHK, karier, kecemasan menjelang usia setengah baya, kesehatan, dan sebagainya.

Kalau Anda termasuk di antaranya, terdapat tip mempertahankan pernikahan di setiap langkah hingga mencapai garis finish yang diharapkan. Berikut, seperti diulas Health.

Memiliki rencana keuangan

Hampir 40 persen orang menikah mengaku berbohong kepada pasangan mereka tentang pembelian, menurut jajak pendapat pada 2004. Setelah itu, kesengsaraan soal uang dengan cepat mengusik kebahagiaan pernikahan Anda.

Faktanya, uang adalah alasan utama pertengkaran pasangan, dan hubungan cenderung jadi menderita selama kondisi keuangan memburuk. Idealnya, Anda harus diskusi dan menyepakati beberapa aturan keuangan keluarga sebelum menikah.

Jangan khawatir jika Anda seorang pemboros dan pasangan cenderung pelit.

“Mungkin bukan hal baik untuk memiliki filosofi yang sama persis tentang uang,” kata Ken Robbins MD, profesor klinis psikiatri di University of Wisconsin-Madison.

“Tapi, masalah keuangan sangat tepat untuk diatasi sejak dini. Anda bisa memutuskan siapa yang akan membayar tagihan, berapa banyak pengeluaran bulanan, dan bagaimana cara Anda akan melacak semua.” Jelasnya.

Bicarakan soal aturan keluarga

Pasangan menghabiskan 5-10 tahun pertama pernikahan untuk menemukan pola peraturan dalam keluarga yang akhirnya bisa efektif.

“Orang sering tidak menyadari bahwa mereka menikah dihadapkan pula pada aturan keluarga secara umum yang berpengaruh pada keluarga sendiri; apakah mereka menyukainya atau tidak,” kata Dr Robbins.

Sebuah studi pada 2004 menemukan bahwa cara pasangan mengelola tanggung jawab sebagai orangtua ketika anak masih bayi dikaitkan dengan kualitas pernikahan mereka pada 2,5 tahun kemudian.

“Anda perlu menemukan cara untuk bisa hidup bahagia bersama sambil tetap memenuhi kebutuhan diri,” kata Dr Robbins.

Jadikan seks sebagai prioritas, bukan pekerjaan

Pasangan menikah rata-rata berhubungan intim 58 kali per tahun, atau sedikitnya lebih dari sekali dalam sepekan. Dan studi delapan tahun terakhir menemukan bahwa 90 persen pasangan mengalami penurunan kepuasan pernikahan setelah kelahiran anak pertama mereka.

"Sebenarnya, tidak masalah apakah Anda berhubungan intim lima kali sepekan atau lima kali setahun selama Anda berdua bahagia," kata Andrew Goldstein MD, dokter kandungan dan ginekolog di Johns Hopkins School of Medicine, Baltimore.

Bahkan, sebuah penelitian pada 2008 menemukan bahwa pasangan yang menjalin keintiman pernikahan—segalanya mulai dari memegang tangan hingga berhubungan seks—menunjukkan tingkat hormon stres lebih rendah.

Bersikap fleksibel

Apapun pengaturan keuangan dan rumah tangga yang Anda sepakati saat awal pernikahan, kemungkinan besar itu akan berubah pada beberapa titik dalam pernikahan Anda.

Yang penting, lakukan diskusi secara terbuka untuk membicarakan tugas-tugas rumah tangga yang perlu diubah agar Anda berdua bisa melewati masa transisi yang sulit.

“Setiap orang memiliki peran dalam hubungan dan selama untuk kebaikan bersama, pertanyaannya bukan tentang apakah itu uangnya atau uang Anda, tapi uang kita," kata Dr Goldstein.

Perhatikan lingkar pinggang Anda

Anda beranggapan, setelah menikah, urusan berat badan tidak lagi penting. Anda salah! Kalau lingkar pinggang menjadi tak terkontrol, masalah yang muncul kemudian adalah daya tarik seksual dan kesehatan. Sebuah studi 2007 yang diterbitkan New England Journal of Medicine menemukan bahwa kemungkinan Anda bertambah gemuk meningkat sebesar 37 persen jika pasangan Anda juga gemuk.

Janji “sampai kematian memisahkan kita” ingin Anda pegang dalam pernikahan tentu tidak termasuk isu-isu kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, dan sebagainya. Yang penting bukan usia Anda, tapi kualitas hidup yang Anda miliki dalam pernikahan.

Mulailah membangun kebiasaan makan yang sehat. Memang, mengendalikan berat badan tidak sesederhana mengonsumsi makanan sehat bersama pasangan. Sebab, godaan makan di luar dengan orang di luar pasangan dapat menyebabkan Anda mengonsumsi 33 persen lebih dari yang Anda makan saat bersama pasangan yang sama-sama berkomitmen hidup sehat. Sebisa mungkin untuk makan buatan sendiri. okezone.com

Memikat Hati Calon Mertua

Posted: 20 Nov 2010 01:26 AM PST

Setelah menjalin hubungan cukup lama, kekasih mungkin akan mengajak Anda berkenalan dengan keluarganya. Ini pertanda dia serius. Untuk itu, pastikan Anda memberikan kesan baik saat berkenalan dengan keluarganya.

Anda tentu ingin memiliki hubungan yang hangat dengan keluarga kekasih. Berikut lima trik agar perkenalan pertama Anda dengan keluarga kekasih berjalan sukses:

Sopan berbusana
Pilih busana yang berpotongan sopan. Suka tidak suka, penampilan adalah hal pertama yang menimbulkan kesan saat bertemu pertama kali. Jadi, pintar-pintarlah dalam memilih busana. Selain berpotongan sopan, busana tersebut harus nyaman saat dikenakan. Jangan sampai Anda justru sibuk membenahi pakaian saat orangtua pasangan mengajak berbicara.

Bawa buah tangan
Tidak ada salahnya untuk membawa buah tangan. Bisa berupa makanan favorit keluarganya. Tanyakan saja pada pasangan apa makanan favorit keluarganya. Makanan bisa membuat keluarganya ‘jatuh cinta’ pada Anda.

Jangan perlihatkan keintiman
Tahan diri untuk tidak bermesraan dengan pasangan, meski hanya bargandengan tangan. Mungkin jika Anda sudah cukup dekat tidak jadi masalah, tetapi ketika baru berkenalan untuk pertama kali, jangan coba lakukan. Jangan sampai keluarganya berpikir hal negatif.

Pelajari keluarganya
Sebelum berkenalan dengan keluarganya, tidak ada salahnya Anda melakukan riset kecil. Tanyakan pada pasangan apa yang disukai dan tidak disukai ayah dan ibunya. Ini bisa Anda jadikan bahan obrolan saat bertemu dengan mereka sehingga suasana menjadi tidak kikuk.

Berikan pujian
Jika memang menurut Anda suasana rumah pasangan sangat nyaman atau makanan yang dihidangkan sangat lezat, jangan segan untuk memuji. Berikanlah pujian sebagai penghargaan, tetapi jangan sampai berlebihan. vivanews.com

Gadis Cantik Ini Lumpuh Setiap Kali Tertawa

Posted: 20 Nov 2010 01:25 AM PST

Setiap kali Kay Underwood tertawa, otot-otot tubuhnya lumpuh seketika. Dalam kondisi itu, wanita 22 tahun ini akan sulit menggerakkan tubuhnya, meski matanya bisa melihat dan telinganya mendengar.

Seperti dikutip dari laman Guardian, pada akhir 2008, mahasiswi arsitektur ini didiagnosis menderita cataplexy. “Aku bisa terjatuh lemas 40 kali dalam sehari gara-gara tertawa,” ujar Kay. Kelumpuhan baru hilang ketika emosinya kembali stabil.

Kay pertama kali mendapat serangan lumpuh mendadak ini saat kuliah semester awal. “Saat itu aku sedang di dapur bersama seorang teman. Saat sedang tertawa lepas, aku tiba-tiba terjatuh ke lantai. Aku bisa mendengar dan melihat, tapi aku tak bisa bergerak,” ujarnya.

Tak hanya saat tertawa, Kay juga bisa lumpuh sesaat ketika merasakan emosi berlebih seperti menangis, terlalu gembira, terkejut, malu, dan ketakutan. Bahkan, Kay bisa terjatuh saat mendengar pria menyatakan cinta.

“Pasien saya yang lain malah lumpuh ketika orgasme,” kata Dr Andrew Hall, konsultan anestesi, perawatan intensif, dan gangguan tidur di Leicester General Hospital, rumah sakit tempat Kay menjalani sejumlah terapi medis.

Dr Andrew mengatakan, dunia medis belum berhasil mengungkap penyebab sakit ini. Sejumlah pakar medis menduga adanya faktor genetik. Namun, ada pula yang berpikir bahwa itu terjadi akibat gangguan autoimun atau kerusakan otak yang dipicu infeksi parah. Belum ada obat yang bisa menyembuhkannya.

Penyakit ini mungkin tidak mematikan, tapi cukup berbahaya ketika penderita terjatuh di lokasi yang tak aman. “Aku selalu berpikir, bahaya bisa menyerang kapan saja. Aku tak pernah tahu apa ada kaca di sekitarku,” ujarnya yang sempat frustasi dengan kondisinya.

“Setiap sudut bisa mendatangkan bahaya untukku. Secangkir teh di tangan juga bisa berbahaya,” Kay menambahkan. “Coba bayangkan ketika serangan itu muncul saat aku sedang bersepeda atau mengemudi.” vivanews.com

Persahabatan Jadi Tumbal Ketika Berpasangan

Posted: 20 Nov 2010 01:21 AM PST

Sebuah hubungan cinta boleh jadi dibilang sangat mahal. Sebab, rata-rata orang cenderung mengorbankan dua hubungan terdekatnya, saat ia menjalin hubungan baru dengan lawan jenis. Demikian diungkap Profesor Robin Dunbar.

Menurut para peneliti dari Universitas Oxford, setiap kali seseorang memulai hubungan baru, biasanya ada dua hubungan yang tersingkir. Kebanyakan orang merasa tak cukup waktu untuk menjalani semua hubungan dekat. Hanya bisa dengan empat atau lima orang,

Selain itu, minat pada pasangan baru biasanya cukup menyita perhatian sehingga mengorbankan hubungan dengan dua sobat terdekat sekaligus.

Profesor Robin Dunbar mengatakan, biasanya pria memiliki 4-5 teman dekat, sedangkan wanita 5-6. Bagaimanapun juga, pria cenderung langsung mendepak sobat dekat mereka ketika ia baru memulai hubungan. Demikian hasil studi pada audiens yang berusia 18-60 tahun.

“Perhatian seorang yang jatuh cinta seolah tersedot pada pasangan baru, sehingga tak ada lagi waktu tersisa untuk teman-teman. Hal ini menyebabkan hubungan persahabatan yang ada jadi memburuk.”

Namun ternyata, bukan hanya romansa yang berhasil ‘mengusir’ teman jauh-jauh dari kehidupan seseorang. Anak-anak hingga anjing peliharaan juga terbukti memiliki dampak yang sama. Tak harus manusia, binatang peliharaan, hobi, film, ataupun tanaman kesukaan juga bisa menyita perhatian yang dulunya selalu diberikan pada teman-teman.

“Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa pria biasanya mengoleksi teman-teman facebook untuk menuai kesan baik dari lawan jenis,” ungkap Profesor Robin Dunbar. Meski rata-rata hanya 130 teman saja yang aktif berhubungan, namun pria bisa ‘meraup’ jaringan pertemanan dengan 1.000 orang. Pria juga cenderung memiliki lebih banyak teman ketimbang wanita. Sebab para wanita biasanya berteman dalam keseharian, sedangkan pria “tampaknya selalu bersaing untuk mendapatkan teman sebanyak mungkin.”

Mungkin hal di atas dipicu oleh pemikiran bahwa pria yang banyak teman (apalagi yang digandrungi banyak wanita juga) adalah pria yang baik dan pantas untuk dikejar. Benarkah demikian? Semuanya kembali pada pendapat kita masing-masing. metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar